Jumat, 12 Desember 2014

Home » » [Tips] Cara Mengecilkan Perut Gendut Agar Sixpack/Langsing

[Tips] Cara Mengecilkan Perut Gendut Agar Sixpack/Langsing

Bentuk perut sixpack adalah impian semua orang, baik pria maupun wanita. Dengan bentuk perut yang langsing seseorang lebih percaya diri dan tentu saja terlihat lebih menarik. Orang yang mengalami kelebihan berat badan seringkali merasa bahwa perutnya tidak sedap dipandang. Ada  berbagai cara untuk mendapatkan bentuk perut  dan berat badan yang ideal.  Tapi yang harus digaribawahi: apapun caranya semuanya dilakukan by proses. Artinya butuh kesabaran dan konsistensi. Tidak dengan cara instan seperti dengan diet ketat yang menyiksa atau mengkonsumsi obat pelangsing.

Sit Up, Push Up, Bycicle Exercise dan Skipping
Gerakan sit up berfungsi untuk mengencangkan otot perut. Sebelum memulai sit up lakukan gerakan pemanasan dan stretching untuk menghindari cedera .Pastikan posisi tubuh sudah pas untuk melakukan gerakan sit up. Siapkan matras untuk melindungi punggung dari rasa sakit. Ambil posisi rileks berbaring lurus kemudian tekuk kaki. Letakkan tangan di belakang kepala lalu angkat tubuh mendekati lutut. Angkat kepala sampai terbentuk sudut 30 derajat atau bisa juga hingga badan hampir tegak lurus dengan lantai. Fokuskan pergerakan pada otot perut. Tarik nafas dalam-dalam pada saat tidur dan hembuskan perlahan saat posisi bangun. Lakukan gerakan sit up beberapa set, minimal 3 set setiap set nya 10-12 repetisi. lakukan saja secara rutin dan teratur.

Akan lebih baik jika sit up dipadukan dengan skipping. olahraga ini sangat murah dan bisa dilakukan di rumah. Skipping tidak hanya mempu membakar lemak di pinggul, paha, bokong, dan perut, tapi juga membantu memperkuat otot-otot kaki. Selain skipping porsi latihan juga bisa ditambah dengan push-up dan gerakan bycicle exercise. Gerakan bycicle exercise sebenarnya cukup mudah dilakukan. Baringkan tubuh dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala. Lalu angkat lutut ke arag dada sambil mengangkat kepala dengan pundak yang masih dalam keadaan menempel di lantai. Kemudian temukan lutut kanan dengan sikut kanan atau lutut kiri dengan sikut kiri. Begitu seterusnya, secara bergantian seperti sedang mengayuh sepeda.

Latihan Kardio
Latihan kardio (kardiovaskular) bertujuan untuk memberikan kebugaran pada tubuh. Latihan ini juga dikenal dengan nama aerobik. Selain sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, latihan. ini juga dapat meningkatkan pembakaran lemak sehingga mampu membentuk perut otot perut.. Latihan kardio merupakan olah raga yang memompa detak jantung lebih cepat sekaligus melatih sistem kardio vaskular. Kardio pun bermacam-macam, seperti senam, jogging, renang dan bersepeda, salsa dan belly dance.

Mulailah merencanakan latihan dan susun jadwalnya dengan baik. Artinya lakukan latihan ini dengan rutin. Jika tidak terbiasa berolah raga mulailah dengan olah raga yang paling sederhana, seperti berjalan kaki atau jogging misalnya. Berjalan kaki adalah pilihan termudah dan termurah untuk membiasakan diri berolahraga. Pada tahap awal cobalah dengan berjalan kaki setidaknya 15 menit perhari di minggu pertama, 20 menit diminggu kedua, dan terus meningkat seiring jalannya waktu. Kombinasikan latihan dengan bermacam olah raga lainnya. Tujuannya untuk mencegah kebosanan. Rotasikan olah raga dengan jenis latihan yang berbeda Misalnya, hari senin berlari, hari selasa berenang, hari rabu menari, senam, dan sebagainya.

HIIT (High Intensity Interval Training)
Untuk mendapatkan bentuk perut ideal tentu saja harus dengan mengurangi lemak di bagian perut. Salah satu caranya dengan metode yang efektif untuk membakar lemak yakni HIIT (High Intensity Interval Training). HIIT bertujuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metode ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber) untuk meningkatkan memori otot (muscle memory), serta kecepatan dan power. Gambaran simplenya seperti ini. Ketika melakukan olah raga lari misalnya. Cobalah lakukan oleh raga tersebut dengan teknik HIIT. Caranya, lakukan jogging 3 sampai 5 menit kemudian lakukan gerakan eksplosif, seperti sprint selama 15 detik kemudian selingi dengan jalan cepat 30 detik. Ulangi semua tahapan tersebut secara konstan selama 15-30 menit. Latihan ini setidaknya harus dilakukan selama 8 minggu.

Pola Makan Yang Baik
Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Perhatikan asupan gula jangan sampai berlebihan. Mulailah mengkonsumsi makananan karbo kompleks seperti nasi merah,oatmeal roti gandu, dan pasta gandum. Makanan yang baik untuk membentuk otot perut adalah yang mengandung tinggi protein tapi rendah karbohidrat dan lemak jenuh. Satu lagi anda dapat mengkonsumsi buah buahan sehat seperti apel, papaya, kacang-kacangan, kedelain jeruk dan sebagainya.

Istirahat Secara Teratur
Tubuh memerlukan istirahat untuk fase pembentukan dan juga pemulihan otot. Karenanya berikanlah jeda waktu yang cukup antar tiap sesi latihan. Istirahatlah setiap  set dalam latihan cukup 1 sampai 2 menit. Ini berguna agar otot tubuh selalu mengembang saat latihan. Selain itu, tidur yang cukup dapat mempercepat pembentukan otot perut untuk menjadi sixpack. Tubuh membutuhkan istirahat 7-8 jam untuk fase pertumbuhan dan juga pembentukan otot.

Hindari Stres
Stres dapat mengakibatkan tubuh kita memproduksi hormon kortisol. Hormon ini mempengaruhi nafsu makan. Untuk mengatasi stres dapat dilakukan dengan latihan pernapasan, pilates atau yoga.
Share this article :

+ komentar + 1 comment

21 November 2018 pukul 21.44

pingback daftar sbobet
pingback agen bola
pingback detiksport
pingback judi bola

Terimakasih Dea Rebbers atas Komentarnya di [Tips] Cara Mengecilkan Perut Gendut Agar Sixpack/Langsing

Posting Komentar